Oleh : Ishmah Nurhidayati, Eka Wahyu Rahmawati
Jurusan Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Lampung (2016)
Note : Postingan ini diedit pukul 01.29 a.m. Disponsori oleh Laporan PU yang acc cetak.
PEMBAHASAN
1.RESUME PROPOSAL PERENCANAAN BISNIS
Nama produk :Biskuit Jahe Lapis Coklat
1.
Rencana-rencana
usaha
Adapun rencana-rencana dari proposal perencanaan bisnis ini adalah:
1.
Rencana
Jangka Pendek
a.
Produk
kue kering ini lebih dikenal oleh masyarakat umum
b.
Produk
kue kering ini bisa didapatkan di toko-toko kue, swalayan atau bahkan
supermarket
c.
Mempunyai varian rasa baru
d.
Adanya
bonus dengan minimum pembelian Rp.100.000
2.
Rencana
Jangka Menengah
a.
Pemasaran
bisa dilakukan secara delivery order
b.
Pembelian
diatas Rp.250.000 free delivery order
c.
Free
member card untuk pembelian di atas Rp.200.000
d.
Pemasaran
melalui toko on-online
3.
Rencana
Jangka Panjang
a.
Membuka
outlet atau gerai resmi
b.
Memperluas
produksi dengan membuka outlet cabang diberbagai daerah
2.
Pemasaran
produk
Sasaran
pemasaran biskuit jahe lapis coklat ini yaitu dipasarkan pada semua kalangan. Adapun
cara –cara pemasarannya yaitu:
a.
Dipasarkan
lewat kantin sekolah
b.
Dipasarkan
lewat kantin kantor
c.
Dipasarkan
di supermarket
d.
Dipasarkan
secara on-line
e.
Toko
kue
f.
Menerima
delivery order dengan minimum pembelian
3.
Kendala
yang dihadapi
a.
Munculnya
usaha yang sama pasca usaha ini.
b.
Modal
yang selalu berubah pada waktu-waktu tertentu akibat kebijakan ekonomi
pemerintah, menyebabkan harga berubah.
c.
Perubahan
selera konsumen.
d.
Pelanggan
yang tidak tetap (khusus mahasiswa) yang setiap tahunnya selalu berganti.
e.
Keadaan
alam yang tidak dapat diperkirakan.
f.
Harga
bahan pokok sering berubah, sehingga laba atau keuntungan yang didapat tidak
tetap.
4.
Harga
Jual produk
Adapun harga jual kue per-paket adalah:
1.
Kemasan
kecil (10 bungkus)
Harga 1 bungkus = Rp. 5.000
Total = 10 x Rp. 5.000
= Rp. 50.000
2.
Kemasan
besar (2 bungkus)
Harga 1 bungkus = Rp. 23.000
Total = 2 x Rp. 23.000
= Rp.46.000
2.
KEPUTUSAN YANG DIAMBIL
- Nama produk yang akan dibuat adalah Biskuit Jahe Lapis coklat
- Sasaran pemasaran dari produk ini yaitu anak-anak, anak muda, ibu rumah tangga dan semua kalangan.
- Rencana biaya produksi perpaket yaitu Rp.34.000,00
- Produk yang dikemas dalam kemasan kecil akan dijual dengan harga Rp. 50.000,00, per paket.
- Produk yang dikemas dalam kemasan besar akan dijual dengan harga Rp.46.000,00
- Strategi pemasaran yang akan dilakukan yaitu dipasarkan lewat kantin sekolah, kantin kantor, supermarket, secara on-line, toko kue, dan menerima delivery order dengan minimum pembelian.
3.
ALTERNATIF KEPUTUSAN
- Sasaran pemasaran dari produk ini adalah anak-anak, anak muda, ibu rumah tangga, dan semua kalangan. Menurut kami sasaran pemasaran produk ini semua kalangan, tanpa harus menyebutkan anak-anak, anak muda dan ibu rumaah tangga karena semua kalangan berarti mencakup semuanya.
- Pemasaran secara on-line tidak menyebutkan media yang digunakan secara spesifik, contohnya, melalui facebook, instagram, membuat website, dan sebagainya.
- Menentukan jumlah minimum pembelian untuk delivery order.
- Mempertimbangan biaya pengemasan, seperti biaya untuk plastik kemasan.
- Mengadakan kegiatan promosi.
4.
KEPUTUSAN
YANG AKAN DIAMBIL DARI BERBAGAI ALTERNATIF YANG ADA
2.
Pemasarn
secara on-line dapat dilakukan memalui pembuatan website atau dengan
menggunakan akun media sosial yang dimiliki.
3.
Kegiatan
promosi dapat dilakukan dengan membuat pamflet atau selebaran, juga bisa dapat
melalui akun media sosial yang dimiliki, sehingga produk akan lebih dikenal
oleh masyarakat dan penjualannya meningkat.
DAFTAR PUSTAKA
Anonim. 2013.
Proposal Pengajuan Produksi Kue Kering. https://catatanbolpoint.files.wordpress.com/2013/04/proposal-pengajuan-produksi-kue-kering-kewirausahaan.pdf Diakses
pada 13 Oktober 2016 pukul 13.18 WIB.
0 comments:
Post a Comment