Tugas dan artikel

Sunday, November 05, 2017

LEAFLET, PAMFLET, FOLDER DAN POSTER

Tugas : Responsi Teknologi Informasi dan Multimedia
Oleh   : Dewi Hermania, Eka Wahyu R., Ishmah Nurhidayati, Laely Savitry, Yuli Dwi S.
Jurusan Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Lampung. 2016.




PEMBAHASAN



1.    Leaflet

1.1.   Pengertian Leaflet

Leaflet memiliki ukuran yang lebih kecil dari pada brosur, akan tetapi memiliki desain yang lebih rumit dan berwarna dari pada flyer. Leaflet pada umumnya dibaca dengan cepat, sekilas leaflet memiliki fungsi dan definisi yang sama dengan selebaran.(Vincent, 2016).

1.2.   Tujuan Leaflet

Leaflet pada umumnya diletakkan di tempat-tempat umum dan gampang terlihat. Hal ini disebabkan oleh karakteristik leaflet yang memang khusus didesain untuk dibaca secara cepat oleh penerimanya (Vincent, 2016).

1.3.   Kelebihan dan Kekurangan Leaflet

Kelebihan leaflet yaitu Penyajian leaflet dapat dikatakan simpel dan ringkas. Leaflet dapat didistribusikan dalam berbagai kesempatan. Desainnya yang simpel tersebut membuat penerima tidak membutuhkan banyak waktu dalam membacanya (Vincent, 2016).

Sedangkan kekurangan leaflet yaitu  Informasi yang disajikan sifatnya terbatas dan kuraang  spesifik. Desain yang digunakan harus menyoroti fokus-fokus tertentu yang diinginkan. Sehingga, dalam leaflet kita tidak dapat terlalu banyak memainkan banyak tulisan dan hanya memuat sedikit gambar pendukung (Vincent, 2016).



2.    Pamflet

2.1.   Pengertian Pamflet

Pamflet adalah sebuah tulisan yang berisi tentang suatu informasi yang terdiri dari tulisan termasuk gambar didalamnya yang umumnya dibuat pada selebaran dan tidak dijilid atau dibukukan. Didalam pamflet sendiri penggunaan gambar tidak wajib disertakan, gambar hanya dijadikan tambahan untuk lebih menarik minat orang-orang dengan pamflet yang diberikan (Maulana, 2015).

Pamflet umumnya digunakan sebagai media promosi bagi beberapa perusahaan untuk memperkenalkan produknya ke masyarakat. Banyak yang menggunakannya sebagai sarana promosi karena selain menghemat pengeluaran juga mudah dibuat, hanya memerlukan keterampilan berbahasa yang baik serta menarik. (Maulana, 2015).

Tujuan dari pamflet sendiri berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya, tergantung pamflet jenis apa yang dibuat. Misalnya Pamflet tentang promosi, maka memiliki tujuan untuk memberikan informasi mengenaiproduk, berbeda dengan pamflet tentang agama, biasanya berisi tentang ilmu-ilmu agama (Maulana, 2015).

2.2.   Ciri-ciri Pamflet

Pamflet memiliki beberapa ciri yaitu sebagai berikut:
a.    Menggunakan bahasa yang singkat, padat dan jelas
b.    Bersifat persuasif, artinya berisi ajakan untuk membeli produk atau mentaati sesuatu.
c.    Ditulis dengan jelas supaya mudah dibaca
d.   Hal-hal yang disampaikan biasanya mengenai hal-hal baru atau terupdate (Maulana, 2015).





2.3.   Jenis-Jenis pamflet

Berikut ini beberapa jenis pamflet:
a.    Pamflet Politik, berisi mengenai hal-hal yang berbau politik seperti ajakan untuk memilih calon-calon pemimpin dan lainnya.
b.    Pamflet Pendidikan, berisi tentang informasi-informasi yang berhubungan dengan dunia pendidikan seperti contohnya acara seminar, lomba-lomba akademik dan lainnya.
c.    Pamflet Niaga, berisi mengenai informasi mengenai produk-produk, disertai dengan kalimat ajakan untuk membeli produk tersebut.
d.   Pamflet kegiatan, berisi tentang berbagai acara atau kegiatan seperti misalnya seminar, pentas seni dan lainnya (Maulana, 2015).

3.    Folder

Folder adalah media informasi penyuluh pertanian yang disajikan secara lembaran informasi pertanian dengan bentuk lembaran kertas yang dilipat – lipat secara teratur mulai dari dua lipatan kertas sampai pada belasan lipatan kertas tergantung dari lebar kertas yang digunakan. Umumnya folder yang digunakan untuk penyulahan pertanian terdiri dari3 lipatan kertas, dengan penyajian uraian materi yang berkesimbungan dari masing – masing lipatan kertas. (Menoreh, 2013).

Materi informasi pertanian yang disampaikan melalui folder harus berupa tulisan yang berisikan uraian singkat sistimatis tentang suatu masalah, penulisan folder pada prinsipnya tidak berbeda dengan penulisan leaflet/liptan yang agak berbeda adalah cara penyajian pokok-pokok pembahasan yang pada folder disajikan lebih mendetail dan sisitimatis dibandingkan leaflet/ liptan dengan penyajian disesuaikan dengan kebutuhan. Penyajian ilustrasi gambar pada folder sangat dianjurkan dengan gambar yang sederhana dan di berikan warna.Penyampaian folder kepada sasaran dapat dilakukan pada saat kegiatan kursus tani,demonstrasi, karya wisata dan dapat juga digunakan sebagai bahan diskusi kelompok pada saat kegiatan pertemuan kelompok (Menoreh, 2013).


4.    Poster

4.1.  Pengertian Poster

Poster adalah media publikasi yang terdiri atas tulisan, gambar ataupun kombinasi antar keduanya dengan tujuan memberikan informasi kepada khalayak ramai. Poster biasanya dipasang ditempat-tempat umum yang dinilai strategis seperti sekolah, kantor, pasar, mall dan tempat-tempat keramaian lainnya. Informasi yang ada pada poster umumnya bersifat mengajak masyarakat (Anonim, 2016).

Menurut wikipedia, pengertian poster adalah sebuah karya seni grafis yang dibuat dengan perpaduan antara huruf dan angka diatas kertas yang ukurannya relatif besar. Poster ini umumnya ditempel didinding atau permukaan yang relatif datar ditempat-tempat umum yang ramai agar informasi dan pesan yang ada didalam poster tersebut bisa tersampaikan kepada masyarakat (Anonim, 2016).

4.2.  Ciri-Ciri dan Syarat Poster

Berikut ini adalah ciri – ciri umum dari sebuah poster:
a.     Desain grafis dari poster harus memuat komposisi yang terdiri atas huruf dan gambar di atas media kertas atau kain yang berukuran besar.
b.   Cara pengaplikasiannya dapat dengan cara ditempel pada dinding, tempat umum atau permukaan datar yang lain dengan sifat membidik perhatian mata semaksimal mungkin.
c.     Poster pada umumnya dibuat dengan perpaduan warna yang kuat dan kontras.
d.   Poster lazimnya mempergunakan bahasa yang singkat, jelas, tidak rancu agar mudah dipahami.
e.    Pesan yang ingin disampaikan sebaiknya disertai dengan gambar.
f.    Poster dapat dibaca secara sambil lalu (Anonim, 2016).

Setelah membahas mengenai ciri-ciri poster, berikut ini adalah sedikit ulasan mengenai syarat sebuah poster:
a.    Poster wajib mempergunakan bahsa yang mudah dipahami.
b.   Susunan kalimat poster harus singkat, padat, jelas, tetapi berisi.
c.    Poster sebaiknya dikombinasikan dengan bentuk gambar.
d.   Poster harus mampu menarik minat khalayak.
e.    Media poster harus mempergunakan bahan yang tidak mudah rusak atau sobek.
f.    Ukuran poster sebaiknya disesuaikan dengan tempat atau lahan pemasangan serta target pembaca (Anonim, 2016).

Sementara itu, hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuat poster adalah:
a.    Gambar dibuat mencolok dan sesuai dengan ide yang akan dikomunikasikan.
b.    Kata-kata yang digunakan dalam poster harus efektif, sugestif, serta mudah diingat.
c.    Jenis font sebaiknya adalah jenis yang mudah dibaca dan dengan size yang besar (Anonim, 2016).

4.3.  Tujuan Poster

Dibuatnya sebuah poster tentu bukan tanpa sebab, tetapi memiliki maksud dan tujuan sendiri. Secara umum tujuan dan maksud dibuatnya poster adalah sebagai media publikasi agar masyarakat bisa membacanya dan melakukan sesuatu sesuai dengan apa yang ada dalam poster tersebut. Tetapi secara khusus maksud dan tujuan dibuatnya poster tergantung dengan apa yang diinginkan pembuat, bisa untuk tujuan komersil, mencari simpati publik, mencari perhatian masyarakat, dan lain sebagainya (Anonim, 2016).




DAFTAR PUSTAKA




Maulana, Ahmad. 2015. Pengertian Pamflet, Ciri-Ciri, Jenis beserta Contohnya. http://www.informasibelajar.com/2015/10/pengertian-pamflet-ciri-ciri-jenis.html# Diakses pada 8 Desember 2016 Pukul 20.33 WIB

Menoreh, Retno. 2013. Leaflet, Folder, Brosur dan Bulletin. http://antikbestari.blogspot.co.id/2013/01/leaflet-folder-brosur-dan-bulletin_8.html Diakses pada 8 Desember 2016 Pukul 20.05 WIB

Vincent, Dana.2016. Semua Tentang Pamflet, Brosur, Dan Leaflet. http://www.custombagus.com/blog/54394-semua-tentang-pamflet-brosur-dan-leaflet-cek-selengkapnya Diakses pada 8 Desember 2016 Pukul 20.33 WIB





0 comments:

Post a Comment

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

Total Pageviews

Powered by Blogger.

BTemplates.com

Blogroll

About

Copyright © Buku Tugas | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com