Tugas dan artikel

Thursday, March 22, 2018

STRATEGI PEMASARAN DI TOKO ANEKA KERIPIK LESTARI

Tugas : Res;ponsi Kewirausahaan
Oleh   : Adam Rahmatullah, Devi Suherli, Ishmah Nurhidayati, Rica Silvia Anggraini
Jurusan Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Lampung.2017.





PEMBAHASAN



1.    Teori Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran adalah pola keputusan dalam perusahaan yang menentukan sasaran, maksud atau tujuan yang menghasilkan kebijakan utama dan merencanakan untuk pencapaian tujuan serta merinci jangkauan bisnis yang akan dicapai oleh perusahaan (Alma, 2007)

Ada dua variable utama yang perlu dipertimbangkan dalam menyusun strategi pemasaran yaitu variable yang dapat dikontrol oleh perusahaan dan variable yang tidak dapat dikontrol. Variabel yang tidak dapat dikontrol adalah keadaan persaingan, perkembangan teknologi, perubahan demografi, kebijaksanaan politik dan ekonomi pemerinntah serta sumberdaya alam. Sedangkan variable yang dapat dikontrol oleh wirausaha adalah :
a.       Market Segmentation, yaitu apakah sasaran pemasaran ditujukanke seluruh masyarakat atau hanya menetapkan pada segmen pasar tertentu.
b.      Market budget, yaitu dana yang dibutuhkan kegiatan.
c.       Timing, yaitu waktu, kapan ia harus mulai melancarkan pemasaran barang-barangnya.
d.      Marketing mix atau bauran pemasaran, yaitu kegiatan megkombinasikan berbagai kegiatan marketing agar dicapai kombinasi maksimal dan hasil yang paling memuaskan (Alma, 2007).

Strategi pemasaran secara umum dapat dibedakan tiga jenis strategi pemasaran yang dapat ditempuh perusahaan yaitu :
A.     Strategi pemasaran yang tidak membeda-bedakan pasar (Undifferentiated marketing).

Dengan strategi ini, perusahaan menganggap pasar sebagai suatu keseluruhan, sehingga perusahaan hanya memperhatikan kebutuhan konsumen secara umum. Oleh karena itu perusahaan hanya menghasilkan dan memasarkan satu macam produk saja dan berusaha menarik semua pembeli dan calon pembeli dengan suatu rencana pemasaran saja. Strategi ini bertujuan untuk melakukan penjualan secara massal, sehingga menurunkan biaya. Perusahaan memusatkan perhatiannya pada seluruh konsumen dan kebutuhannya, serta merancang produk yang dapat menarik sebanyak mungkin para konsumen tersebut. Perusahaan yang menggunakan strategi ini, tidak menghiraukan adanya kelompok pembeli yang berbeda-beda. Pasar dianggap sebagai suatu keseluruhan dengan ciri kesamaan dalam kebutuhannya (Assauri, 2008).

B.      Strategi pemasaran yang membeda-bedakan pasar (Differentiated marketing).

Dengan strategi ini, perusahaan hanya melayani kebutuhan beberapa kelompok konsumen tertentu dengan jenis produk tertentu pula. Jadi perusahaan atau produsen menghasilkan dan memasarkan produk yang berbeda-beda untuk tiap segmen pasar. Dengan perkataan lain, perusahaan atau produsen menawarkan berbagai variasi produk dan product mix, yang disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan kelompok konsumen atau pembeli yang berbeda-beda, dengan program pemasaran yang tersendiri diharapkan dapat dicapai tingkat penjualan yang tertinggi dalam masing-masing segmen pasar tersebut (Assauri, 2008).

C.     Strategi pemasaran yang terkonsentrasi (Concentrated Marketing).

Dengan strategi ini, perusahaan mengkhususkan pemasaran produknya dalam beberapa segmen pasar, dengan pertimbangan keterbatasan sumberdaya perusahaan. Dalam hal ini perusahaan produsen memilih segmen pasar tertentu dan menawarkan produk yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kelompok konsumen yang ada pada segmen pasar itu, yang tentunya lebih spesifik. Strategi pemasaran ini mengutamakan seluruh usaha pemasaran pada satu atau beberapa segmen pasar tertentu saja. Jadi perusahaan memusatkan segala kegiatan akan memberikan keuntungan yang terbesar (Assauri, 2008).
2.    Hasil Turun Lapang

2.1.  Identitas Narasumber dan produk

a.    Identitas Responden

Nama                                  : Nurfita Lestari
Jenis kelamin                      : Perempuan
TTL                                     : 27 Juni 1993
Pengalaman berusaha         : 4 tahun (Rumah makan, kue kering)
Umur usaha                                    : 1 tahun.

b.   Identifikasi Produk

Produk yang dijual di toko aneka keripik lestari adalah keripik singkong, keripik pisang, keripik tempe dan sale. Dengan varian rasa keripik pisang barbeque, balado, melon, strawberry, coklat dan keju. Sedangkan  varian rasa untuk keripik singkong yaitu jagung bakar dan balado. Alamat toko ini yaitu di Jl. Pramuka No.14 Rajabasa, Bandar Lampung.

2.2.  Variabel yang dapat dikontrol

a.    Segmentasi

Keripik merupakan makanan yang disukai oleh hampir seluruh lapisan masyarakat, mulai anak-anak sampai orang dewasa, baik golongan atas, maupun menengah ke bawah. Oleh karena itu, pemilik usaha tidak menentukan sasaran khusus dalam pemasaran produk keripik yang dimiliki olehnya.

b.   Market Budget

Aneka keripik lestari menghasilkan sekitar 50 kg keripik dalam satu kali proses produksi. Tenaga kerja yang digunakan sebanyak 5 orang dan semuanya berasal dari dalam keluarga. Biaya yang dikeluarkan untuk proses produksi dalam satu tahun dapat dilihat dalam table berikut.

Tabel 1. Dana yang dibutuhkan dalam satu tahun.
No
Jenis Kegiatan
Biaya/bulan
Biaya dalam setahun
1
Proses Produksi
Rp.3.000.000
Rp. 36.000.000
2
Pemasaran
Rp.   100.000
Rp.   1.200.000
3
Transportasi
Rp.   200.000
Rp.   2.400.000
4
Komunikasi
Rp.     50.000
Rp.      600.000
Total Biaya
Rp .40.200.000

c.    Timing

Toko Aneka Keripik Lestari buka setiap hari mulai pukul 10.00 -20.00 WIB. Toko ini tidak menambah atau mengurangi jam buka toko pada hari-hari tertentu seperti hari libur nasional, karena menurut pemilik, camilan merupakan makanan yang dibutuhkan setiap hari tanpa memandang hari libur tertentu, sehingga hari libur nasional tidak mempengaruhi jam buka toko. Hanya saja toko ini akan menambah jumlah produksinya saat mendekati hari libur panjang, karena jumlah pembeli akan meningkat pada saat itu.

d.   Marketing Mix

Toko Aneka Keripik Lestari menjual keripik singkong, keripik pisang, keripik tempe dan sale dengan berbagai varian rasa. Masing-masing keripik dijual dalam kemasan 0,25 kg, 0,5 kg, dan 1 kg. Toko ini beralamat di Jl. Pramuka No.14 Rajabasa, Bandar Lampung. Saluran distribusi yang digunakan untuk pemasaran produknya masih pendek, yaitu dari produsen langsung kepada konsumen. Pemilik toko ini tidak menentukan segmen tertentu sebagai pasar dari produknya, dan lebih memilih seluruh lapisan masyarakat sebagai target pasar. Promosi yang dilakukan adalah dengan menawarkan produknya kepada teman dan keluarga terdekat serta aktif melakukan promosi di berbagai media sosial. Harga dari masing-masing produk dapat dilihat pada tabel berikut.

Tabel 2. Harga produk di toko Aneka Keripik Lestari
No
Jenis Produk
Harga / kg
1
Keripik Singkong Original
Rp.25.000
2
Keripik Singkong Varian Rasa
Rp.35.000
3
Keripik Pisang Original
Rp.40.000
4
Keripik Pisang Varian Rasa
Rp.50.000
5
Keripik Tempe
Rp.80.000
6
Sale
Rp.50.000

2.3.  Variabel yang tidak dapat dikontrol

Pembuatan keripik di Toko Aneka keripik Lestari menggunakan bahan-bahan yang berkualitas sehingga berpengaruh terhadap harga jual dari produk tersebut. Hal ini berdampak pada persaingan harga yang terjadi antara toko ini dan toko atau pedagang lain yang menjual produk yang sama, karena konsumen biasanya lebih memilih produk dengan harga yang lebih rendah tanpa memperhatikan kualitas produk tersebut. Bahan baku keripik biasanya didatangkan langsung dari desa sehingga toko ini belum pernah mengalami kesulitan dalam pengadaan bahan baku.


3.      Kesimpulan

Berdasarkan data yang didapatkan dari hasil turun lapang dan setelah membandingkannya dengan teori, maka dapat disimpulkan bahwa toko Aneka keripik Lestari menggunakan strategi pemasaran yang tidak membeda-bedakan pasar (Undifferentiated marketing). Hal ini dikarenakan perusahaan menganggap pasar sebagai suatu keseluruhan, sehingga perusahaan hanya memperhatikan kebutuhan konsumen secara umum. Selain itu, Perusahaan memusatkan perhatiannya pada seluruh konsumen dan kebutuhannya, serta merancang produk yang dapat menarik sebanyak mungkin para konsumen tersebut. Perusahaan tidak menghiraukan adanya kelompok pembeli yang berbeda-beda dan menganggap pasar sebagai suatu keseluruhan dengan ciri kesamaan dalam kebutuhannya





DAFTAR PUSTAKA



Assauri, Soyjan. 2008. Manajemen Produksi dan Operasi. LPFEUI. Jakarta.

Alma, B. 2007. Kewirausahaan, Menumbuhkan Jiwa Wirausaha bagi Mahasiswa dan Masyarakat Indonesia. Alfabeta. Bandung.



Tugas udah mulai numpuk, begitu juga kantuk.


Yang udah ngantuk padahal tugasnya belom selesai


Ishmah N 🐳

0 comments:

Post a Comment

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

Total Pageviews

Powered by Blogger.

BTemplates.com

Blogroll

About

Copyright © Buku Tugas | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com