Tugas dan artikel

Wednesday, March 21, 2018

BAURAN PEMASARAN

Tugas : Responsi Kewirausahaan
Oleh   : Adam Rahmatullah, Devi Suherli, Ishmah Nurhidayati, Rica Silvia A.
Jurusan Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Lampung.2017.




PEMBAHASAN



Pemasaran (Inggris:Marketing) adalah proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia. Pemasaran dimulai dengan pemenuhan kebutuhan manusia yang kemudian bertumbuh menjadi keinginan manusia (Tahir, 2012).

Bauran pemasaran adalah kombinasi dari empat variable atau kegiatan inti dari sistem pemasaran perusahaan yaitu produk, harga, kegiatan promosi, dan distribusi. Dengan demikian dapat dikemukakan bahwa bauran pemasaran adalah kombinasi dari empat variabel atau kegiatan inti (produk, harga, tempat, promosi dari sistem pemasaran perusahaan untuk terus menerus mencapai tujuan pemasaran di pasar sasaran selama periode waktu tertentu (Basu, 2000).

Bauran pemasaran adalah empat komponen dalam pemasaran yang terdiri dari 4P. Metode ini yang dikenal dengan Bauran Pemasaran (Marketing Mix). Dalam perkembangannya, untuk layanan jasa dikenal juga istilah 7 P dimana 4 P pertama adalah Product, Price, Place, dan Promotion. Untuk 3 P yang selanjutnya adalah Bukti Fisik (Physical Evidence), Proses (Process) dan Orang (People). Pemasaran lebih dipandang sebagai seni daripada ilmu, maka seorang ahli pemasaran tergantung lebih banyak pada ketrampilan pertimbangan dalam membuat kebijakan daripada berorientasi pada ilmu tertentu (Solikhah, 2014).

Dalam paper ini, kami akan membahas bauran pemasaran dari produk kami dengan menggunakan empat unsur marketing mix, yaitu product, price, place, promotion.

1.    Product

Produk adalah segala sesuatu yang ditawarkan kepada masyarakat untuk dilihat, dipegang, dibeli atau dikonsumsi. Produk dapat terdiri dari product variety, quality, design, feature, brand name, packaging, sizes, services, warranties, and returns. Produk merupakan bentuk penawaran organisasi jasa yang ditujukan untuk mencapai tujuan melalui pemuasan kebutuhan dan keinginan pelanggan. Produk disini bisa berupa apa saja (baik yang berwujud fisik maupun tidak) yang dapat ditawarkan kepada pelanggan potensial untuk.memenuhi kebutuhan dan keinginan tertentu. Produk merupakan semua yang ditawarkan ke pasar untuk diperhatikan, diperoleh dan digunakan atau dikonsumsi untuk dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan yang berupa fisik, jasa, orang, organisasi dan ide (Irmawati, 2012).

Produk yang ditawarkan yaitu “ADeRI Coffee”. ADeRI coffee merupakan kopi bubuk kemasan yang dikemas sedemikian rupa sehingga menarik hati konsumen. Kopi dikemas dengan menggunakan paperbag dan dilengkapi dengan gula pada setiap kemasan. Hal ini untuk memudahkan konsumen dalam penyeduhan kopi. Selain itu, kopi dan gula dikemas dengan menggunakan pastik yang berbeda sehingga konsumen dapat menggunakan keduanya sesuai dengan selera masing-masing.

Pengemasan produk ADeRI Coffee ini mengusung tema “Say It with ADeRI Coffee”. Pada setiap kemasan terdapat kata-kata seperti “Good Morning”, “Thank You”, “Love You”, dan lain sebagainya, Sehingga konsumen bisa mengungkapkan isi hatinya kepada orang tersayang dengan cara yang unik, yaitu dengan memberikan produk ADeRI coffee ini dengan tulisan yang sesuai dengan keinginan. Teknik pengemasan ini diharapkan mampu menarik hati konsumen dan membuat produk ADeRI Coffee menjadi produk unik yang mampu bersaing di pasaran.


2.    Price

Harga yaitu sejumlah uang yang konsumen bayar untuk membeli produk atau mengganti hal milik produk. Harga meliputi last price, discount, allowance, payment period, credit terms, and retail price. Bauran harga berkenaan dengan kebijakan strategis dan taktis seperti tingkat harga, struktur diskon, syarat pembayaran dan tingkat diskriminasi harga diantara berbagai kelompok pelanggan. Harga menggambarkan besarnya rupiah yang harus dikeluarkan seorang konsumen untuk memperoleh satu buah produk dan hendaknya harga akan dapat terjangkau oleh konsumen (Irmawati, 2012).

Harga yang ditawarkan ADeRI Coffee yaitu Rp 8.000 per bungkus. Harga ini dinilai cukup terjangkau untuk sasaran pemasaran produk kami yaitu masyarakat umum, khususnya para remaja.


3.    Place

Tempat atau saluran distribusi yaitu berbagai kegiatan perusahaan untuk membuat produk yang dihasilkan atau dijual terjangkau dan tersedia bagi pasar sasaran. Merupakan keputusan distribusi menyangkut kemudahan akses terhadap jasa bagi para pelanggan. Tempat dimana produk tersedia dalam sejumlah saluran distribusi dan outlet yang memungkinkan konsumen dapat dengan mudah memperoleh suatu produk (Irmawati, 2012).

Pada tahapan awal,ADeRI coffee akan di jual di lingkungan kampus, tepatnya di pojok kewirausahaan mahasiswa Agribisnis Universitas Lampung. Selain itu produk ini juga di jual secara online sehingga memudahkan proses pembelian oleh konsumen.


4.    Promotion

Promosi yaitu berbagai kegiatan perusahaan untuk mengkomunikasikan dan memperkenalkan produk pada pasar sasaran. Variabel promosi meliputi antara lain sales promotion, advertising, sales force, public relation, dan direct marketing. Menurut Kotler dalam Anonim (2009) variabel promosi atau yang lazim disebut bauran komunikasi pemasaran:
a.    Advertising, yaitu semua bentuk presentasi nonpersonal dan promosi ide, barang, atau jasa oleh sponsor yang ditunjuk dengan mendapat bayaran.
b.    Sales promotion, yaitu insentif jangka pendek untuk mendorong keinginan mencoba atau pembelian produk dan jasa.
c.    Public relations and publicity, yaitu berbagai program yang dirancang untuk mempromosikan dan atau melindungi citra perusahaan atau produk individual yang dihasilkan.
d.   Personal selling, yaitu interaksi langsung antara satu atau lebih calon pembeli dengan tujuan melakukan penjualan.
e.    Direct marketing, yaitu melakukan komunikasi pemasaran secara langsung untuk mendapatkan respon dari pelanggan dan calon tertentu, yang dapat dilakukan dengan menggunakan surat, telepon, dan alat penghubung nonpersonal lain (Irmawati, 2012).

Metode promosi produk ADeRI Coffee yang akan kita gunakan adalah personal selling dan direct marketing. Promosi dilakukan dengan cara memperkenalkan dan menawarkan produk ADeRI Coffee kepada orang-orang terdekat. Kegiatan promosi juga dilakukan dengan menggunakan media sosial seperti instagram, line, BBM, WA, Facebook, Twitter dan lain-lain sehingga produk ADeRI Coffee dapat dikenal masyarakat luas sekaligus menarik minat konsumen. Selain itu, sesuai dengan tema pengemasan produk “Say it with ADeRI Coffee”, konsumen dapat memesan secara khusus tulisan pada kemasan ADeRI Coffee. Produk ini menerima layanan pesan antar dan untuk 3 hari pertama pada setiap bulan, kami memberikan diskon sebesar 10 persen untuk setiap pembelian minimal 10 pcs produk ADeRI Coffee.





DAFTAR PUSTAKA



Basu, Swastha dan Irawan. 2000.Manajemen Pemasaran Modern. Liberty. Yogyakarta

Irmawati, Nurlaili. 2012. Konsep Bauran Pemasaran pada Roti Goreng Coklat Mini. http://mbem25.blogspot.co.id/2012/12/konsep-bauran-pemasaran-pada-roti.html Diakses pada 1 Juni 2017 pukul 22.00 WIB

Solikhah, Nana Nasyatus. 2014. Bauran Pemasaran PT Coca Cola Bottling Indonesia. http://nananasyatus.blogspot.co.id/2014/05/bauran-pemasaran-pt-coca-cola-bottling.html Diakses pada 1 Juni 2017 pukul 22.13 WIB

Tohir, Muhammad. 2012. Bauran pemasaran. http://tahirpalupi.blogspot.co.id /2012/01/makalah-bauran-pemasaran.html Diakses pada 1 Juni 2017 pukul 21.05 WIB





CATATAN PENULIS:

"Gaes, if you read this, give me an answer. "Is that wrong to be an introvert?" Gue lagi bingung sama sesuatu, kata temen gue kalo bingung 'tidur aja'. Gue emang suka tidur, tapi di kelas waktu kuliah. Ha Ha Ha. I am waiting for your answer gaes. Thank you for visited my blod by the way. wish the content is helping you."


Yang kosannya lagi mati lampu padahal niatnya mau nugas

Ishmah N 🐳

PS ; tolong kata niatnya digaris bawahi. gue kalo niat jarang terealisasi. bhaaaks.

0 comments:

Post a Comment

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

Total Pageviews

Powered by Blogger.

BTemplates.com

Blogroll

About

Copyright © Buku Tugas | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com