Tugas : Responsi Kewirausahaan
Oleh : Adam Rahmatullah, Devi Suherli, Ishmah Nurhidayati, Rica Silvia A.
Jurusan Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Lampung.2017.
CATATAN PENULIS:
"Gaes, if you read this, give me an answer. "Is that wrong to be an introvert?" Gue lagi bingung sama sesuatu, kata temen gue kalo bingung 'tidur aja'. Gue emang suka tidur, tapi di kelas waktu kuliah. Ha Ha Ha. I am waiting for your answer gaes. Thank you for visited my blod by the way. wish the content is helping you."
Oleh : Adam Rahmatullah, Devi Suherli, Ishmah Nurhidayati, Rica Silvia A.
Jurusan Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Lampung.2017.
PEMBAHASAN
Pemasaran (Inggris:Marketing)
adalah proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan
informasi mengenai barang atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan
dan keinginan manusia. Pemasaran dimulai dengan pemenuhan kebutuhan manusia
yang kemudian bertumbuh menjadi keinginan manusia (Tahir, 2012).
Bauran pemasaran adalah kombinasi
dari empat variable atau kegiatan inti dari sistem pemasaran perusahaan yaitu
produk, harga, kegiatan promosi, dan distribusi. Dengan demikian dapat
dikemukakan bahwa bauran pemasaran adalah kombinasi dari empat variabel atau
kegiatan inti (produk, harga, tempat, promosi dari sistem pemasaran perusahaan
untuk terus menerus mencapai tujuan pemasaran di pasar sasaran selama periode
waktu tertentu (Basu, 2000).
Bauran
pemasaran adalah empat komponen dalam pemasaran yang terdiri dari 4P. Metode
ini yang dikenal dengan Bauran Pemasaran (Marketing Mix). Dalam
perkembangannya, untuk layanan jasa dikenal juga istilah 7 P dimana 4 P pertama
adalah Product, Price, Place, dan Promotion. Untuk 3 P yang selanjutnya adalah
Bukti Fisik (Physical Evidence), Proses (Process) dan Orang (People). Pemasaran
lebih dipandang sebagai seni daripada ilmu, maka seorang ahli pemasaran tergantung
lebih banyak pada ketrampilan pertimbangan dalam membuat kebijakan daripada
berorientasi pada ilmu tertentu (Solikhah, 2014).
Dalam
paper ini, kami akan membahas bauran pemasaran dari produk kami dengan
menggunakan empat unsur marketing mix, yaitu product, price, place,
promotion.
1.
Product
Produk adalah segala sesuatu yang ditawarkan kepada masyarakat untuk dilihat,
dipegang, dibeli atau dikonsumsi. Produk dapat terdiri dari product variety,
quality, design, feature, brand name, packaging, sizes, services, warranties,
and returns. Produk merupakan bentuk penawaran organisasi jasa yang
ditujukan untuk mencapai tujuan melalui pemuasan kebutuhan dan keinginan
pelanggan. Produk disini bisa berupa apa saja (baik yang berwujud fisik maupun
tidak) yang dapat ditawarkan kepada pelanggan potensial untuk.memenuhi
kebutuhan dan keinginan tertentu. Produk merupakan semua yang ditawarkan ke
pasar untuk diperhatikan, diperoleh dan digunakan atau dikonsumsi untuk dapat
memenuhi kebutuhan dan keinginan yang berupa fisik, jasa, orang, organisasi dan
ide (Irmawati, 2012).
Produk yang ditawarkan yaitu “ADeRI Coffee”. ADeRI coffee merupakan
kopi bubuk kemasan yang dikemas sedemikian rupa sehingga menarik hati konsumen.
Kopi dikemas dengan menggunakan paperbag dan dilengkapi dengan gula pada
setiap kemasan. Hal ini untuk memudahkan konsumen dalam penyeduhan kopi. Selain
itu, kopi dan gula dikemas dengan menggunakan pastik yang berbeda sehingga
konsumen dapat menggunakan keduanya sesuai dengan selera masing-masing.
Pengemasan produk ADeRI Coffee ini mengusung tema “Say It with ADeRI
Coffee”. Pada setiap kemasan terdapat kata-kata seperti “Good Morning”,
“Thank You”, “Love You”, dan lain sebagainya, Sehingga konsumen
bisa mengungkapkan isi hatinya kepada orang tersayang dengan cara yang unik,
yaitu dengan memberikan produk ADeRI coffee ini dengan tulisan yang sesuai
dengan keinginan. Teknik pengemasan ini diharapkan mampu menarik hati konsumen
dan membuat produk ADeRI Coffee menjadi produk unik yang mampu bersaing di
pasaran.
2.
Price
Harga yaitu sejumlah uang yang konsumen bayar untuk membeli produk atau
mengganti hal milik produk. Harga meliputi last
price, discount, allowance, payment period, credit terms, and retail price.
Bauran harga berkenaan dengan kebijakan strategis dan taktis seperti tingkat
harga, struktur diskon, syarat pembayaran dan tingkat diskriminasi harga
diantara berbagai kelompok pelanggan. Harga menggambarkan besarnya rupiah yang
harus dikeluarkan seorang konsumen untuk memperoleh satu buah produk dan
hendaknya harga akan dapat terjangkau oleh konsumen (Irmawati, 2012).
Harga yang
ditawarkan ADeRI Coffee yaitu Rp 8.000 per bungkus. Harga ini dinilai cukup terjangkau untuk sasaran
pemasaran produk kami yaitu masyarakat umum, khususnya para remaja.
3.
Place
Tempat atau saluran distribusi yaitu berbagai kegiatan perusahaan untuk membuat produk yang dihasilkan
atau dijual terjangkau dan tersedia bagi pasar sasaran. Merupakan keputusan
distribusi menyangkut kemudahan akses terhadap jasa bagi para pelanggan. Tempat
dimana produk tersedia dalam sejumlah saluran distribusi dan outlet yang
memungkinkan konsumen dapat dengan mudah memperoleh suatu produk (Irmawati,
2012).
Pada tahapan awal,ADeRI coffee akan di jual di lingkungan kampus,
tepatnya di pojok kewirausahaan mahasiswa Agribisnis Universitas Lampung.
Selain itu produk ini juga di jual secara online sehingga memudahkan proses
pembelian oleh konsumen.
4.
Promotion
Promosi yaitu berbagai kegiatan perusahaan untuk
mengkomunikasikan dan memperkenalkan produk pada pasar sasaran. Variabel
promosi meliputi antara lain sales
promotion, advertising, sales force, public relation, dan direct marketing. Menurut Kotler dalam
Anonim (2009) variabel promosi atau yang lazim disebut
bauran komunikasi pemasaran:
a.
Advertising, yaitu
semua bentuk presentasi nonpersonal dan promosi ide, barang, atau jasa oleh
sponsor yang ditunjuk dengan mendapat bayaran.
b.
Sales promotion, yaitu
insentif jangka pendek untuk mendorong keinginan mencoba atau pembelian produk dan
jasa.
c.
Public relations and publicity, yaitu berbagai program yang dirancang untuk
mempromosikan dan atau melindungi citra perusahaan atau produk individual yang
dihasilkan.
d.
Personal selling, yaitu
interaksi langsung antara satu atau lebih calon pembeli dengan tujuan melakukan
penjualan.
e.
Direct marketing, yaitu
melakukan komunikasi pemasaran secara langsung untuk mendapatkan respon dari
pelanggan dan calon tertentu, yang dapat dilakukan dengan menggunakan surat,
telepon, dan alat penghubung nonpersonal lain (Irmawati,
2012).
Metode promosi produk ADeRI Coffee
yang akan kita gunakan adalah personal
selling dan direct marketing. Promosi
dilakukan dengan cara memperkenalkan dan menawarkan produk ADeRI Coffee kepada
orang-orang terdekat. Kegiatan promosi juga dilakukan dengan menggunakan media
sosial seperti instagram, line, BBM, WA, Facebook, Twitter dan lain-lain
sehingga produk ADeRI Coffee dapat dikenal masyarakat luas sekaligus menarik minat
konsumen. Selain itu, sesuai dengan tema pengemasan produk “Say it with
ADeRI Coffee”, konsumen dapat memesan secara khusus tulisan pada kemasan
ADeRI Coffee. Produk ini menerima layanan pesan antar dan untuk 3 hari pertama
pada setiap bulan, kami memberikan diskon sebesar 10 persen untuk setiap pembelian minimal 10 pcs produk ADeRI Coffee.
DAFTAR PUSTAKA
Basu, Swastha dan Irawan. 2000.Manajemen
Pemasaran Modern. Liberty. Yogyakarta
Irmawati, Nurlaili. 2012. Konsep Bauran Pemasaran pada Roti
Goreng Coklat Mini. http://mbem25.blogspot.co.id/2012/12/konsep-bauran-pemasaran-pada-roti.html Diakses
pada 1 Juni 2017 pukul 22.00 WIB
Solikhah, Nana Nasyatus. 2014. Bauran Pemasaran PT Coca Cola
Bottling Indonesia. http://nananasyatus.blogspot.co.id/2014/05/bauran-pemasaran-pt-coca-cola-bottling.html
Diakses pada 1 Juni 2017 pukul 22.13 WIB
Tohir, Muhammad. 2012. Bauran pemasaran. http://tahirpalupi.blogspot.co.id
/2012/01/makalah-bauran-pemasaran.html
Diakses pada 1 Juni 2017 pukul 21.05 WIB
"Gaes, if you read this, give me an answer. "Is that wrong to be an introvert?" Gue lagi bingung sama sesuatu, kata temen gue kalo bingung 'tidur aja'. Gue emang suka tidur, tapi di kelas waktu kuliah. Ha Ha Ha. I am waiting for your answer gaes. Thank you for visited my blod by the way. wish the content is helping you."
Yang kosannya lagi mati lampu padahal niatnya mau nugas
Ishmah N 🐳
PS ; tolong kata niatnya digaris bawahi. gue kalo niat jarang terealisasi. bhaaaks.
0 comments:
Post a Comment