Tugas : Manajemen Pemasaran
Oleh : A. Mefrido R., Cindy Hosiani DPS., Ishmah Nurhidayati., M. Hary Panuju
Jurusan Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Lampung. 2018.
Oleh : A. Mefrido R., Cindy Hosiani DPS., Ishmah Nurhidayati., M. Hary Panuju
Jurusan Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Lampung. 2018.
PEMBAHASAN
1.
Anda
adalah seorang manager produksi suatu produk baru di “Susu Bendera” cair. Tugas
anda adalah memperluas pasar “Susu Bendera” dengan mengubah citra produk itu agar lebih menarik
bagi segmen pasar baru. Ketika akan memutuskan untuk memperluas citra
produkdengan mempromosikan kegunaan tambahan (lainnya), tantangan apa yang akan
anda hadapi sebagai manajer produksi di perusahaan “Susu Bendera” cair? Uraikan
jawaban anda!
Jawab :
Sebagai
manajer, tantangan yang akan dihadapi dalam perluasan citra produk dengan
mempromosikan kegunaan tambahan antara lain:
a.
Peningkatan
biaya karena kegiatan promosi.
b.
Kesalahan
dalam mendefinisikan kebutuhan konsumen.
c.
Kesalahan
dalam menentukan segmen pasar yang dibidik
d.
Perubahan
dalam perilaku atau selera konsumen
Konsumen
cenderung melihat produk sebagai paket manfaat yang rumit yang dapat memuaskan
kebutuhan mereka. Ketika merancang produk, manajer harus lebih dahulu
mengidentifikasikan kebutuhan inti konsumen yang akan dipenuhi oleh produk
tersebut. Kemudian perencana produk mendesain produk actual dan mencari cara
menambah manfaat produk tersebut untuk menciptakan paket manfaat yang paling
memuaskan konsumennya.
Strategi
pemasaran ditujukan untuk membangun kesadaran konsumen akan produk secara luas
dan mendorong konsumen untuk mencobanya. atau dengan kata lain ialah
menciptakan permintaan untuk produk baru (primary demand). Kegiatan
promosi diarahkan terutama untuk membangun kesadaran terhadap konsumen atas
keberadaan produk, dimana periklanan yang digunakan merupakan jenis informing.
Promosi dilakukan dengan gencar untuk meyakinkan konsumen mengenai kualitas
produk.
2.
Dalam
kemampuannya mendukung volume penjualan dikenal beberapa jenis produk, yaitu
produk masa depan, produk masa kini, produk biasa/pelengkap, produk masa lampau
dan produk gagal. Bedasarkan pemahaman anda tentang jenis produk tersebut, maka
tuliskanlah beberapa contoh (sedikitnya 2 (dua) produk) untuk masing-masing
jenis produk tersebut (produk masa depan, masa kini, biasa/pelengkap, masa
lampau dan gagal)! Uraikan alasan anda!
Jawab:
a.
Produk masa depan, adalah produk baru yang
mempunyai harapan cerah di masa yang akan datang atau produk lama yang dimodifikasikan. Contoh
sayuran organik dan kendaraan ramah lingkungan.
b.
Produk masa kini, adalah produk yang menguasai
sebagian besar hasil penjualan dan memberikan keuntungan yang besar bagi
perusahaan. Contohnya iPhone dan Coca cola
c.
Produk biasa dan pelengkap ,produk tsb tidak
begitu menentukan perkembangan hasil penjualan.misal : perusahaan sepatu maka
produk pelengkapnya semir, tali sepatu.
d.
Produk masa lampau adalah produk yang dahulu
pernah menduduki produk masa kini akan tetapi sekarang produk tsb sudah
memasuki tahap kemunduran. Contohnya Nokia dan odol.
e.
Produk yang gagal yaitu produk yang tidak dapat
diterima di pasar , hal ini bisa disebabkan karena kebijakan pemasaran
perusahaan yang kurang mengena terutama pada saat produk memasuki pasar dan produk
yang gagal sulit dikembangkan karena adanya kesan negatif dari pembeli.
Contohnya yaitu TwitterPeek yang merupakan perangkat seharga
$200 yang hanya mengakses Twitter serta perangkat smartphone dan game Nokia
N-Gage, yang secara resmi hanya mampu bertahan dijual dari tahun 2003 sampai
2005.
DAFTAR PUSTAKA
Ilmu Ekonomi.
2016. Strategi Pemasaran pada Tahap Perkenalan Produk. http://www.ilmu-ekonomi-id.com/2016/12/strategi-pemasaran-pada-tahap-perkenalan-produk.html Diakses pada 12 April 2018 pukul 00.18 WIB
Juliani, Retno.
2013. Kebijakan Produk. http://retnodjoharjuliani.blogspot.co.id/
2013/06/kebijakan-produk_18.html
Diakses pada 12 April 2018 pukul 00.20 WIB
Verticilatta,
Correous. 2011. Pengolahan Produk dan Pengembangan Produk Baru. https://coecoesm.wordpress.com/2011/11/30/pengolahan-produk-dan-pengembangan-produk-baru/ Diakses pada 12 April 2018 pukul 00.13 WIB
0 comments:
Post a Comment