Tugas dan artikel

Sunday, September 29, 2019

PERENCANAAN DAN PENGEMBANGAN PRODUK

Tugas : Manajemen Pemasaran
Oleh   : A. Mefrido R., Cindy Hosiani DPS., Ishmah Nurhidayati., M. Hary Panuju
Jurusan Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Lampung. 2018.




PEMBAHASAN 
  
1.    Anda adalah seorang manager produksi suatu produk baru di “Susu Bendera” cair. Tugas anda adalah memperluas pasar “Susu Bendera” dengan  mengubah citra produk itu agar lebih menarik bagi segmen pasar baru. Ketika akan memutuskan untuk memperluas citra produkdengan mempromosikan kegunaan tambahan (lainnya), tantangan apa yang akan anda hadapi sebagai manajer produksi di perusahaan “Susu Bendera” cair? Uraikan jawaban anda!
Jawab :
Sebagai manajer, tantangan yang akan dihadapi dalam perluasan citra produk dengan mempromosikan kegunaan tambahan antara lain:
a.       Peningkatan biaya karena kegiatan promosi.
b.      Kesalahan dalam mendefinisikan kebutuhan konsumen.
c.       Kesalahan dalam menentukan segmen pasar yang dibidik
d.      Perubahan dalam  perilaku atau selera konsumen

Konsumen cenderung melihat produk sebagai paket manfaat yang rumit yang dapat memuaskan kebutuhan mereka. Ketika merancang produk, manajer harus lebih dahulu mengidentifikasikan kebutuhan inti konsumen yang akan dipenuhi oleh produk tersebut. Kemudian perencana produk mendesain produk actual dan mencari cara menambah manfaat produk tersebut untuk menciptakan paket manfaat yang paling memuaskan konsumennya.

Strategi pemasaran ditujukan untuk membangun kesadaran konsumen akan produk secara luas dan mendorong konsumen untuk mencobanya. atau dengan kata lain ialah menciptakan permintaan untuk produk baru (primary demand). Kegiatan promosi diarahkan terutama untuk membangun kesadaran terhadap konsumen atas keberadaan produk, dimana periklanan yang digunakan merupakan jenis informing. Promosi dilakukan dengan gencar untuk meyakinkan konsumen mengenai kualitas produk.

2.    Dalam kemampuannya mendukung volume penjualan dikenal beberapa jenis produk, yaitu produk masa depan, produk masa kini, produk biasa/pelengkap, produk masa lampau dan produk gagal. Bedasarkan pemahaman anda tentang jenis produk tersebut, maka tuliskanlah beberapa contoh (sedikitnya 2 (dua) produk) untuk masing-masing jenis produk tersebut (produk masa depan, masa kini, biasa/pelengkap, masa lampau dan gagal)! Uraikan alasan anda!
Jawab:
a.    Produk masa depan, adalah produk baru yang mempunyai harapan cerah di masa yang akan datang  atau produk lama yang dimodifikasikan. Contoh sayuran organik dan kendaraan ramah lingkungan.
b.    Produk masa kini, adalah produk yang menguasai sebagian besar hasil penjualan dan memberikan keuntungan yang besar bagi perusahaan. Contohnya iPhone dan Coca cola
c.    Produk biasa dan pelengkap ,produk tsb tidak begitu menentukan perkembangan hasil penjualan.misal : perusahaan sepatu maka produk pelengkapnya semir, tali sepatu.
d.   Produk masa lampau adalah produk yang dahulu pernah menduduki produk masa kini akan tetapi sekarang produk tsb sudah memasuki  tahap  kemunduran. Contohnya Nokia dan odol.
e.   Produk yang gagal yaitu produk yang tidak dapat diterima di pasar , hal ini bisa disebabkan karena kebijakan pemasaran perusahaan yang kurang mengena terutama pada saat produk memasuki pasar dan produk yang gagal sulit dikembangkan karena adanya kesan negatif dari pembeli. Contohnya yaitu TwitterPeek yang merupakan perangkat seharga $200 yang hanya mengakses Twitter serta perangkat smartphone dan game Nokia N-Gage, yang secara resmi hanya mampu bertahan dijual dari tahun 2003 sampai 2005.


DAFTAR PUSTAKA
   
Ilmu Ekonomi. 2016. Strategi Pemasaran pada Tahap Perkenalan Produk. http://www.ilmu-ekonomi-id.com/2016/12/strategi-pemasaran-pada-tahap-perkenalan-produk.html Diakses pada 12 April 2018 pukul 00.18 WIB

Juliani, Retno. 2013. Kebijakan Produk. http://retnodjoharjuliani.blogspot.co.id/ 2013/06/kebijakan-produk_18.html Diakses pada 12 April 2018 pukul 00.20 WIB

Verticilatta, Correous. 2011. Pengolahan Produk dan Pengembangan Produk Baru. https://coecoesm.wordpress.com/2011/11/30/pengolahan-produk-dan-pengembangan-produk-baru/ Diakses pada 12 April 2018 pukul 00.13 WIB

0 comments:

Post a Comment

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

Total Pageviews

Powered by Blogger.

BTemplates.com

Blogroll

About

Copyright © Buku Tugas | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com