Tugas dan artikel

Thursday, October 08, 2020

PERENCANAAN ANGGARAN USAHATANI JAGUNG

Tugas : Usahatani
Oleh    : Adi Setiawan, Cindy Hosiani D.P.S., Ishmah Nurhidayati 
Jurusan Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Lampung (2017)

Note    :
Guys melihat-lihat berita tentang demo-omnibus law-polisi-DewanPerwakilanEntahApa ku jadi ingin punya death note. Yagasiiii, pasti seru sekali melihat berita lalu bisa menulis nama-nama yakannnn. Tapi apalah daya ku hanya bisa menulis "Kalian yang demo semangat tapi jangan merusak fasilitas publik, jangan rusuh. Apa-apa yang rusak bakal diganti pake uang rakyat lagi :( mereka tidak rugi apapun. Akutu  pengen ngomong banyak tapi takut salah :(  Gataulah aku pusing negara ini tuh gimana, Lucu banget gemasssssssssss" .Btw itu tabelnya w ubah jadi gambar karena ngakak abiezzz ngeditnya ga sesuai2 sama tampilan yang w mau. Belum terbiasa sama tampilan baru blogger :( Baikk sekian,


PEMBAHASAN


1. Teori Umum Perencanaan Usahatani

Suatu usahatani sebagai bisnis menjadi lebih efisien dan menguntungkan seringkali disebabkan oleh perubahan-perubahan yang dilaksanakan dalam rangka pengembangan usahatani. Suksesnya usahatani sebgai bisnis adalah buah dari kehati-hatian dan ketelitian dalam perencanaan, pengambilan keputusan, serta pelaksanaan pada saat yang tepat (Suratiyah, 2015).

Beberapa teknik perencanaan akan sangat membantu petani dalam mengambil keputusan untuk waktu yang akan datang disertai dengan pertimbangan atas hasil di masa lalu. Beberapa catatan dan analisis masa lalu tentang keberhasilan atau kegagalan merupakan informasi yang sangat penting untuk perencanaan usahatani selanjutnya. Dari catatan dan analisis tersebutdapat dibuat beberapa modifikasidan perubahan atau modifikasi dan perubahan agar usahatani yang akan datang jauh lebih baik (Suratiyah, 2015).

Perencanaan usahatani adalah proses pengambilan keputusan tentang segala sesuatu yang akan dilakukan dalam usahatani yang akan datang dan rencana-rencana usahatani berupa pernyataan tertulis yang memuat sesuatu yang akan dikerjakan pada periode waktu tertentu untk tujuan tertentu pula sehubungan dengan usahataninya (Suratiyah, 2015).

Dengan melakukan perencanaan usahatani maka manfaat yang dapat diambil oleh petani adalah diperolehny petunjuk tentang apa yang akan dilakukan, penyimpangan dan kesalahan dapat dikurangi, ada jaminan untuk mendekati kebenaran, sebagai alat evaluasi, serta kontinuitas usahatani terjamin. Perencanaan usahatani yang baik mempuanyai criteria sebagai berikut (Suratiyah, 2015).

a. Rasional, yaitu sesuai dengan situasi yang nyata, misalnya untuk meningkatkan produktivitas diperlukan pupuk urea pada pertanaman padi sawah sehingga tingkat produksi tersebut benar-benar dicapai.

b. Fleksibel, yaitu disesuaikan dengan situasi.

c. Dapat dinilai dan dengan cepat diambil tindakan yang tepat.

d. Menjamin kontinuitas usahatani (Suratiyah, 2015).


2. Gambaran Umum Tanaman Jagung

Tanaman Jagung ( Zea mays L ) merupakan tanaman biji-bijan yang masih keluarga dengan rumput-rumputan. Tanaman kagung berasal dari Amerika yang menyebar ke benua Asia dan Afrika. Tanaman ini sangat mudah di budidayakan di negara mana pun dan menggunakan tanah apapun asalkan tidak tandus dan tidak humus. Syarat tumbuh tanaman jagung adalah sebgai berikut.

a.Tanaman memerlukan tanah subur, gembur dan banyak mengandung bahan organik.
b.Tanaman memerlukan lahan yang luas dan juga baik di tanami.
c.Memiliki keasaman tanah yang baik Dengan pH 5,6-7,5
d.Memiliki aliran air yang baik dan tanah yang memiliki aerasi.
e.Tanah dengan kemiringan kurang adari 8 % dapat di tanami tanaman jagung.
f.Dan memiliki ketinggian antara 1000-1800 m dpl (Kurniawan, 2017).


3.Perencanaan Biaya Usahatani Jagung

   Tabel 1. Anggaran Dana Usahatani Jagung per hektar


b. Estimasi Pendapatan Usahatani Jagung

    Tabel 2. Estimasi Pendapatan Usahatani Jagung per hektar


 PUSTAKA


Suratiyah, Ken. 2015. Ilmu Usahatani. Penebar Swadaya. Yogyakarta

Kurniawan, Fredi. 2017. Panduan Lengkap Budidaya Tanaman Jagung. http://fredikurniawan.com/panduan-lengkap-budidaya-tanaman-jagung/ Diakses pada 29 mei 2017 pukul 22.26 WIB

0 comments:

Post a Comment

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

Total Pageviews

Powered by Blogger.

BTemplates.com

Blogroll

About

Copyright © Buku Tugas | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com