Tugas dan artikel

Saturday, May 29, 2021

PROMOSI DAN PERIKLANAN DALAM PENJUALAN

Tugas  : Responsi Manajemen Pemasaran
Oleh   : Ishmah Nurhidayati
Jurusan Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Lampung (2017)

Note   :
Mau nge-review wisuda online. Bosen, gabut wkwkwk kayaa ahh sudahlah kerjaan mana kerjaan :") Mana poto gw aib gt kan :") eh btw ini iklan gojeknya emang bagus banget sih menurut gw, kaya sambil gabut nungguin kendaraan didepan jalan terus baca reklame itu tuh balikin mood (ini gw bayangin doang sih). Semoga setelah menjadi Goto iklannya tetap membagongkan yaa, ya walaupun gw kpopers, iklan gojek tanpa terkontaminasi kpop lebih keren menurut gw.

PEMBAHASAN

1.    Jelaskan unsur promosi manakah yang paling sesuai dilaksanakan sebagai strategi untuk memperhatikan pelanggan lama? Uraikan jawaban anda!

Jawab:

Agar para konsumen tidak berpaling ke perusahaan lain, berikut ini cara mempertahankan kepuasan dan loyalitas pelanggan, antara lain :

 

a.    Berikan perhatian before dan after sales

Sebagian besar pelaku pasar hanya fokus terhadap penawaran yang akan mereka sampaikan, tanpa memperhatikan keinginan konsumen. Kesalahan inilah yang sering membuat para konsumen melakukan penolakan secara langsung terhadap para sales, sebab mereka menganggap para sales hanya akan berpromosi menawarkan sebuah barang. Karenanya untuk menciptakan kepuasan konsumen, berikan perhatian khusus kepada para konsumen baik sebelum terjadi transaksi pembelian maupun pasca pembelian. Misalnya saja dengan membagikan katalog menarik untuk memancing minat konsumen, serta memberikan garansi khusus pada produk unggulan yang Anda pasarkan.

 

b.   Ciptakan sebuah hubungan yang saling menguntungkan

Dalam memasarkan sebuah produk, tak jarang para pelaku pasar atau pedagang lebih mendominasi komunikasi yang terbangun. Mereka memposisikan para konsumen sebagai pendengar, dan pemasar sebagai narasumber utamanya. Strategi pemasaran seperti ini tentunya terbilang kuno, sebab sekarang ini para konsumen sudah mulai cerdas dan bisa menentukan produk-produk unggulan yang bisa memenuhi kebutuhan mereka. Oleh sebab itu, pastikan hubungan yang terbangun antara konsumen dan pelaku pasar bisa seimbang dan saling menguntungkan.

 

c.     Lakukan follow up pasca penjualan

Untuk mempertahankan loyalitas pelanggan, ada baiknya perusahaan/sales perusahaan mencatat semua customer yang pernah membeli produk dan mencoba melakukan follow up ulang pasca pembelian pertama. Meskipun cara ini sangatlah mudah, namun sampai hari ini belum semua pelaku usaha melakukannya. Biasanya mereka kurang peduli dengan prospek yang sudah dimiliki, dan cenderung mencari sasaran (konsumen baru) dibandingkan harus mem-follow up ulang konsumen-konsumen yang pernah melakukan pembelian di perusahaan mereka.

 

d.   Tawarkan program menarik untuk menjaga loyalitas konsumen

Seperti halnya mall-mall besar maupun pusat perbelanjaan di kota-kota besar yang biasanya menawarkan program premium atau kartu keanggotaan untuk menjaga loyalitas para pelanggan. Perusahaan pun juga bisa mencoba program tersebut untuk membangun loyalitas konsumen. Mulailah dengan menawarkan sebuah keanggotaan atau member khusus yang akan memberikan banyak keuntungan bagi para pelanggan setia. Misalnya saja menawarkan diskon khusus bagi para konsumen yang memiliki kartu keanggotaan, atau menawarkan bonus tertentu bagi para member yang berbelanja cukup banyak di perusahaan.

 

e.     Berikan keuntungan bagi pelanggan setia.

Selain menawarkan program menarik untuk menjaga loyalitas konsumen, Perusahaan juga bisa menjalin kerjasama dengan para pelanggan setia. Tawarkan peluang bisnis bagi para konsumen yang bisa memberikan untung besar bagi mereka dan sekaligus bisa membantu dalam meningkatkan pemasaran produk. Contohnya saja dengan membuka program reseller untuk para konsumen yang tertarik memasarkan produk. Strategi ini tidak hanya menguntungkan para reseller, namun juga mendorong para pelanggan untuk melakukan pembelian berulang-ulang


2.    Berikan 3 (tiga) contoh advertensi/reklame/iklan dengan menunjukkan (menjelaskan) tema (advertensi/reklame)-nya dan aksi (advertensi/reklame)-nya! (Carikan iklan/reklame/advertensi untuk produk (barang atau jasa) yang berbeda)!


Jawab:


A.    Reklame Go-Jek




Tanpa desain yang rumit, iklan Gojek yang mengusung tema kemacetan jalan raya ini berhasil menarik mata para pengendara yang melintas Jalan Jendral Gatoto Subroto. Iklan ini hanya menampilkan tulisan sepanjang dua paragraf berwarna hitam dengan latar warna putih. Penempatan iklan tersebut dinilai pas. Pasalnya, kawasan tersebut memang sedang dilanda kemacetan parah akibat pembangunan “underpass” Mampang Prapatan-Kuningan. Dengan aksi atau tag line “Go-jek in aja”, iklan ini mampu mengena di hati pembacanya.


B.     Iklan Sabun Nuvo




Iklan ini mengambil tema anak-anak, dengan maksud ingin mengambil hati orang tua untuk membeli produk ini dalam rangka memenuhi hak hidup sehat dan tumbuh kembang anak. Dengan kalimat aksi “Ciptakan hari-hari anti kuman” iklan diharapkan mampu mengajak untuk menjaga kebersihan dengan menggunakan produk yang ditawarkan.

 

C.    Iklan Tempat Bimbingan Belajar




Sesuai dengan subjeknya, iklan ini mengusung tema pendidikan. Iklan ini memberikan keterangan tentang jenjang dan fokus pendidikan yang ditawarkan, dengan maksud menarik hati konsumen yang memiliki kebutuhan yang sesuai dengan apa yang diiklankan. Menggunakan kata aksi “Ayo bergabung bersama kami!” iklan ini mengajak masyarakat untuk bergabung di bimbingan belajar “Rumah Ilmu”.

 

  

DAFTAR PUSTAKA

  

 

Martan, A. 2016. Makalah Menarik dan Mempertahankan Pelanggan. http://arthurmartan.blogspot.co.id/2016/01/makalah-menarik-dan-mempertahankan.html Diakses pada 25 April 2018 pukul 22.16 WIB

 


0 comments:

Post a Comment

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

Total Pageviews

Powered by Blogger.

BTemplates.com

Blogroll

About

Copyright © Buku Tugas | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com