1.
Jelaskan
unsur promosi manakah yang paling sesuai dilaksanakan sebagai strategi untuk
memperhatikan pelanggan lama? Uraikan jawaban anda!
Jawab:
Agar para
konsumen tidak berpaling ke perusahaan lain, berikut ini cara mempertahankan
kepuasan dan loyalitas pelanggan, antara lain :
a.
Berikan
perhatian before dan after sales
Sebagian
besar pelaku pasar hanya fokus terhadap penawaran yang akan mereka sampaikan,
tanpa memperhatikan keinginan konsumen. Kesalahan inilah yang sering membuat
para konsumen melakukan penolakan secara langsung terhadap para sales, sebab
mereka menganggap para sales hanya akan berpromosi menawarkan sebuah barang.
Karenanya untuk menciptakan kepuasan konsumen, berikan perhatian khusus kepada
para konsumen baik sebelum terjadi transaksi pembelian maupun pasca pembelian.
Misalnya saja dengan membagikan katalog menarik untuk memancing minat konsumen,
serta memberikan garansi khusus pada produk unggulan yang Anda pasarkan.
b.
Ciptakan
sebuah hubungan yang saling menguntungkan
Dalam
memasarkan sebuah produk, tak jarang para pelaku pasar atau pedagang lebih
mendominasi komunikasi yang terbangun. Mereka memposisikan para konsumen
sebagai pendengar, dan pemasar sebagai narasumber utamanya. Strategi pemasaran seperti ini tentunya terbilang
kuno, sebab sekarang ini para konsumen sudah mulai cerdas dan bisa menentukan
produk-produk unggulan yang bisa memenuhi kebutuhan mereka. Oleh sebab itu,
pastikan hubungan yang terbangun antara konsumen dan pelaku pasar bisa seimbang
dan saling menguntungkan.
c.
Lakukan follow up pasca penjualan
Untuk
mempertahankan loyalitas pelanggan, ada baiknya perusahaan/sales perusahaan
mencatat semua customer yang pernah membeli produk dan mencoba melakukan follow
up ulang pasca pembelian pertama. Meskipun cara ini sangatlah mudah, namun
sampai hari ini belum semua pelaku usaha melakukannya. Biasanya mereka kurang
peduli dengan prospek yang sudah dimiliki, dan cenderung mencari sasaran
(konsumen baru) dibandingkan harus mem-follow up ulang konsumen-konsumen
yang pernah melakukan pembelian di perusahaan mereka.
d.
Tawarkan
program menarik untuk menjaga loyalitas konsumen
Seperti
halnya mall-mall besar maupun pusat perbelanjaan di kota-kota besar yang
biasanya menawarkan program premium atau kartu keanggotaan untuk menjaga
loyalitas para pelanggan. Perusahaan pun juga bisa mencoba program tersebut
untuk membangun loyalitas konsumen. Mulailah
dengan menawarkan sebuah keanggotaan atau member khusus yang akan memberikan
banyak keuntungan bagi para pelanggan setia. Misalnya saja menawarkan diskon
khusus bagi para konsumen yang memiliki kartu keanggotaan, atau menawarkan
bonus tertentu bagi para member yang berbelanja cukup banyak di perusahaan.
e.
Berikan keuntungan bagi pelanggan setia.
Selain
menawarkan program menarik untuk menjaga loyalitas konsumen, Perusahaan juga
bisa menjalin kerjasama dengan para pelanggan setia. Tawarkan peluang bisnis
bagi para konsumen yang bisa memberikan untung besar bagi mereka dan sekaligus
bisa membantu dalam meningkatkan pemasaran produk. Contohnya saja dengan membuka
program reseller untuk para konsumen yang tertarik memasarkan produk. Strategi
ini tidak hanya menguntungkan para reseller, namun juga mendorong para
pelanggan untuk melakukan pembelian berulang-ulang
2.
Berikan
3 (tiga) contoh advertensi/reklame/iklan dengan menunjukkan (menjelaskan) tema
(advertensi/reklame)-nya dan aksi (advertensi/reklame)-nya! (Carikan
iklan/reklame/advertensi untuk produk (barang atau jasa) yang berbeda)!
Jawab:
A.
Reklame
Go-Jek
Tanpa desain
yang rumit, iklan Gojek yang mengusung tema kemacetan jalan raya ini berhasil
menarik mata para pengendara yang melintas Jalan Jendral Gatoto Subroto. Iklan
ini hanya menampilkan tulisan sepanjang dua paragraf berwarna hitam dengan
latar warna putih. Penempatan iklan tersebut dinilai pas. Pasalnya, kawasan
tersebut memang sedang dilanda kemacetan parah akibat pembangunan “underpass”
Mampang Prapatan-Kuningan. Dengan aksi atau tag line “Go-jek in aja”, iklan ini
mampu mengena di hati pembacanya.
B.
Iklan
Sabun Nuvo
Iklan ini
mengambil tema anak-anak, dengan maksud ingin mengambil hati orang tua untuk
membeli produk ini dalam rangka memenuhi hak hidup sehat dan tumbuh kembang
anak. Dengan kalimat aksi “Ciptakan hari-hari anti kuman” iklan diharapkan
mampu mengajak untuk menjaga kebersihan dengan menggunakan produk yang
ditawarkan.
C.
Iklan
Tempat Bimbingan Belajar
Sesuai dengan
subjeknya, iklan ini mengusung tema pendidikan. Iklan ini memberikan keterangan
tentang jenjang dan fokus pendidikan yang ditawarkan, dengan maksud menarik
hati konsumen yang memiliki kebutuhan yang sesuai dengan apa yang diiklankan.
Menggunakan kata aksi “Ayo bergabung bersama kami!” iklan ini mengajak
masyarakat untuk bergabung di bimbingan belajar “Rumah Ilmu”.
DAFTAR PUSTAKA
Martan, A. 2016. Makalah Menarik dan Mempertahankan
Pelanggan. http://arthurmartan.blogspot.co.id/2016/01/makalah-menarik-dan-mempertahankan.html Diakses pada 25 April
2018 pukul 22.16 WIB
0 comments:
Post a Comment